Pages

Senin, 23 Juni 2014

BEP dan Pasar Sasaran

BEP (Break Event Point)

BEP (Break Event Point) merupakan suatu keadaan dimana perusahaan beroperasi dalam kondisi tidak memperoleh laba dan juga tidak mengalami kerugian. Artinya, dalam kondisi jumlah pendapatan sama dengan jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Biaya merupakan Pengorbanan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan output
Biaya Tetap merupakan biaya yang dikeluarkan dengan jumlah yang sama/tidak dipengaruhi oleh hasil produksi.

Manfaat BEP :
  • Untuk mengetahui kaitan antara penjualan (produksi), harga jual,biaya produksi,dan biaya lainnya, baik variabel maupun tetap dan laba rugi.
  • Untuk merencanakan laba (provit).
  • Alat pengendalian kegiatan operasi
  • Bahan pertimbangan menentukan harga jual.
  • Bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan
Kelemahan BEP :
  • Membutuhkan banyak asumsi
  • Bersifat statis
  • Tidak digunakan umtuk mengambil keputusan akhir
  • Tidak menyediakan pengujian aliran kas yang baik
  • Kurang menpertimbangkan resiko-resiko dalam masa penjualan
Asumsi dalam BEP :
  • Biaya yang digunakan dipisah menjadi biaya tetap dan biaya variabel
  • Biaya tetap di anggap konstan sampai batas tertentu
  • Biaya variabel berubah proporsional dengan perubahan volume penjualan
  • Hanya digunakan unutk satu macam barang
  • Harga jual tidak berubah

Perhitungan BEP dalam unit :
BEP =   FC
            P-VC

Dik : Penjualan = 100.000 unit
          Harga Jual = Rp. 5.000,-/unit
          Biaya Tetap = Rp. 150.000.000,-
          Biaya Variabel = Rp. 250.000.000,-
Dit : BEP (unit) dan BEP (Rp) ?

Jawab : 
BEP (unit) = FC                                                                           BEP (Rp) =    FC
                      P-VC                                                                                             1-VC
                     = 150.000.000                                                                                  P
                        5.000-2.500                                                                            = 150.000.000
                     = 150.000.000                                                                              1-250.000.000
                               2.500                                                                                         500.000.000
                     = 60.000 unit                                                                             = Rp. 300.000.000,-


Format Rencana Pemasaran


I.                   Gambaran Singkat Strategi Pemasaran 
     a.      Gambaran singkat strategi pemasaran
b.     Tujuan strategi pemasaran

II.                 Analisa Pasar 
     a.      Pasar sasaran
b.     Persaingan
c.      Trend pasar
d.     Riset pasar

III.              Strategi Pemasaran 
     a.     Gambaran umum
b.     Metoda penjualan dan distribusi
c.      Kemasan
d.     Penetapan harga
e.      Pemberian merk
f.       Basis data pemasaran
g.     Strategi harga
h.     Promosi / Insentif penjualan
i.       Strategi periklanan
j.       Humas
k.     Networking

IV.             Pelayanan Pelanggan 
    a.      Deskripsi kegiatan pelayanan pelanggan
b.     Hasil yang diharapakm dari pencapaian mutu yang baik

V.               Implementasi Strategi Pemasaran 
    a.      Tanggung jawab dari dalam perusahaan
b.     Fungsi dari luar perusahaan

VI.             Evaluasi Efektivitas Pemasaran
      (Catatan : Hanya untuk bisnis yang telah ada )



Pasar Sasaran

Dasar strategi pemasaran marketing ada 3 yaitu :
  1. Segmentasi Geografis : Sekelompok calon konsumen yang bisa diharapkan dari sekelompok besar atau kecil namun bisa menjadi pasar sasaran.
  2. Target Pasar/Targeting
  3. Positioning
Identiifikasi Pesaing :
  1. Melakukan identifikasi pesaing (Market share)
  2. Menganalisis Strategi Pemasaran
  3. Kekuatan dan Kelemahan Pesaing (melalui analisis SWOT untuk melihat kelemahan dan kekuatan produk, harga, kualitas, Brand/Merk.

1 komentar:

  1. Hi, I’ve been a long-time reader of your and just wanted to share something? Please email me back. Thanks!

    Angela
    angelabrooks741 gmail.com

    BalasHapus